TUGAS GRAFIKA KOMPUTER (MENGGAMBAR RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS)
Kali ini saya medapatkan tugas dari Dosen saya untuk menggambar rumah seperti ini
Dengan menggunakan Java Netbeans, oke mari kita mulai :D
seperti biasa jika ingin mengerjakan tugas yang berurusan dengan koding mengoding pertama-tama siapkan dulu segelas kopi panas dan sepiring pisang goreng // *sedap*//, jika sudah maka mari di mulai (benaran diimulai).
pertama buka software java netbeansnya dan buat prjoect baru dan namanya terserah saja, namun kali ini saya menggunakan nama Rumah,
kemudian ketikan koding seperti berikut ini :
/*
* To change this license header, choose License Headers in
Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package rumah;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
/**
*
* @author jOWLfVolks
*/
public class Rumah extends JPanel{
@Override
public void paint(Graphics g) {
//atap sebelah kanan
g.setColor(Color.red);
int miringatap = 0;
while (miringatap <=100){
g.fillRect(400+miringatap,
80+miringatap, 5, 1);
miringatap++; }
//atap sebelah kiri
g.setColor(Color.yellow);
int miringatap1 = 0;
while (miringatap1 <=100){
g.fillRect(400-miringatap1,
80+miringatap1, 5, 1);
miringatap1++; }
//titik putus
g.setColor(Color.green);
int titikPutus = 0;
while (titikPutus <=100){
g.fillRect(400, 80, 5, 5);
g.fillRect(400, 90, 5, 5);
g.fillRect(400, 100, 5, 5);
g.fillRect(400, 110, 5, 5);
g.fillRect(400, 120, 5, 5);
g.fillRect(400, 130, 5, 5);
g.fillRect(400, 140, 5, 5);
g.fillRect(400, 150, 5, 5);
g.fillRect(400, 160, 5, 5);
g.fillRect(400, 170, 5, 5);
g.fillRect(400, 180, 5, 5);
titikPutus++; }
//tembok menurun
g.setColor(Color.blue);
int lurus = 0;
while (lurus <=150){
g.fillRect(500, 180+lurus, 5, 1);
g.fillRect(300, 180+lurus, 5, 1);
lurus++;
}
//tembok mendatar
g.setColor(Color.black);
int lurus1 = 0;
while (lurus1 <=200){
g.fillRect(300+lurus1, 180, 5, 5);
g.fillRect(300+lurus1, 330, 5, 5);
lurus1++;
}
//palang pintu atas
g.setColor(Color.orange);
int luruspintu = 0;
while (luruspintu <=50){
g.fillRect(400+luruspintu, 250, 5, 5);
luruspintu++;
}
//kaki pintu
g.setColor(Color.pink);
int luruspintu1 = 0;
while (luruspintu1 <=75){
g.fillRect(400, 250+luruspintu1, 5,
5);
g.fillRect(450, 250+luruspintu1, 5,
5);
luruspintu1++;
}
//palang jendela atas bawah
g.setColor(Color.blue);
int lurusjendela = 0;
while (lurusjendela <=75){
g.fillRect(310+lurusjendela, 250, 5,
5);
g.fillRect(310+lurusjendela, 300, 5,
5);
lurusjendela++;
}
//palang jendela kiri kanan
g.setColor(Color.green);
int lurusjendela1 = 0;
while (lurusjendela1 <=50){
g.fillRect(310, 250+lurusjendela1, 5,
5);
g.fillRect(390, 250+lurusjendela1, 5,
5);
lurusjendela1++;
}
//gagang pintu
g.setColor(Color.cyan);
int gagangPintu = 0;
while (gagangPintu <=50){
g.fillRect(410, 290, 5, 5);
gagangPintu++;
}
}
public static void main(String[] args) {
JFrame frame = new JFrame();
frame.getContentPane().add(new Rumah());
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
frame.setSize(800,600);
frame.setVisible(true);
}
}
setelah mengetikkan koding tersebut kita run programnya maka hasilnya akanseperti ini :
oke itu tadi hasil akhir dari menggambar rumahnya sekian dulu, jika ingin mendownload projectnya silahkan klik disini.
Tags:
Grafika Komputer
0 komentar